Home / Linux & Jaringan / MikroTik / Koneksi PHP dengan Router MikroTik

Koneksi PHP dengan Router MikroTik

Membuat koneksi dari PHP ke Mikrotik - TulisKode
Membuat koneksi dari PHP ke Mikrotik – TulisKode

Salam Sobat TulisKode.

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi mengenai bagaimana cara menghubungkan Router¬†MikroTik dengan PHP. Kolaborasi PHP dengan MikroTik dapat digunakan untuk keperluan tertentu misalnya pada sistem registasi pengguna hotspot, monitoring jaringan dan sebagainya. untuk dapat menghubungkan PHP dengan MikroTik kita memerlukan sebuah mekanisme/cara khusus. Dalam dunia pergulatan coding¬†ini di istilahkan dengan Appication Programming Interface (API). ūüôā untuk lebih jelasnya silahkan googling mengenai API. Atau jika sanggup menunggu, pada artikel selanjutnya TulisKode¬†akan coba sharing mengenai konsep API ini.

Oke, mari kita lanjutkan. Ada beberapa langkah yang diperlukan untuk menghubungkan PHP dengan MikroTik:

  1. Lakukan isnstalasi Mikrotik terlebih dahulu khusus bagi pengguna PC, namun jika punya Mikrotik RouterBoard atau produk sejenisnya yang sudah 1 paket (hardware & software) MikroTik poin ini silahkan diabaikan.
  2. Lakukan konfigurasi IP address pada masing-masing interface seperti terlihat pada gambar berikut.
    Konfigurasi IP Address di Mikrotik oleh TulisKode
    Konfigurasi IP Address di Mikrotik –¬†TulisKode

    Disini saya akan menggunakan IP pada interface ether1 untuk keperluan koneksi yang akan digunakan pada PHP nya. Interface ether2 diabaIkan saja.

  3. Hubungkan kabel dari perangkat Lancard MikroTik yang mengarah ke interface ether1 ke komputer/laptop.
  4. Lakukangan konfigurasi IP Address pada komputer sesuai dengan range IP yang sudah diatur pada langkah 2.
  5. Lakukan pengetesan (ping) ke IP Address Mikrotik (192.168.4.3), jika pengujian ping berhasil (tidak RTO) silahkan lanjutkan ke tahap berikutnya.
  6. Pada komputer/Laptop pastikan sudah terinstall PHP atau jika belum silahkan install terlebih dahulu. Bisa menggunakan XAMPP yang sudah satu peket dengan database MySQL. Mengenai petunjuk instlasi XAMPP bisa dilihat pada artikel TulisKode sebelumnya. http://tuliskode.com/instalasi-xampp
  7. Download modul API PHP MikroTik dari situs resmi MikroTik. Berikut saya sertakan linknya: https://github.com/BenMenking/routeros-api
  8. Buatlah sebuah folder di dalam folder HTDOCS instalasi XAMPP, kopikan file API PHP MikroTik dalam folder tersebut.
  9. Buatlah sebuah file baru dengan exstensi PHP dan tuliskan kode berikut:
    Script program koneksi PHP dengan Mikrotik - TulisKode
    Script program koneksi PHP dengan Mikrotik – TulisKode
  10. Pada gambar diatas saya asumsikan file API MikroTik yang telah di download tadi nama filenya api.php (silahkan sesuaikan dengan nama file API yang anda download pada langkah 7).  Adapun ket. sourcode di atas:
    $API = new routeros_api(); // pembuatan objek dari kelas routeros_api
    $API->debug = false; // pengaturan fungsi debug false, silahkan di atur true jika ingin melihat ket hasil debug, hal ini mungkin diperlukan saat ingin mengetahui status/pesan kesalahan dari API MikroTik.
    if ($API->connect dst…s.d baris ke 10 //Pada sintak ini ada beberapa parameter yang perlu diatur yaitu IP Address, username dan password dari router MikroTik. $API->connect berfungsi untuk melakukan keneksi sementara $API->disconnect ini untuk memutuskan koneksi ke MikroTik. Pada sintak $API->connect saya masukkan dalam fungsi kondisi IF agar mudah untuk mengetahui jika koneksi berhasil atau gagal.
  11. Saatnya melakukan ujicoba melalui browser. Jika koneksi berhasil maka seharusnya akan tampil tulisan Koneksi ke Mikrotik Sukses dan pada sisi MikroTik dibagian log akan tampil status log seperti gambar berikut.
    Status Log koneksi PHP dengan Mikrotik - TulisKode
    Status Log koneksi PHP dengan Mikrotik – TulisKode
  12. Jika hasil belum sesuai dengan langkah 11, silahkan diulangi kembali dari langkah pertama untuk mengecek kemungkinan adanya kesalahan. Jika ada yang kurang jelas dapat ditanyakaan di kolom Komentar. Syukran. Semoga ada manfaatnya.

About Admin

Check Also

codeigniter

PHP Native dan Codeigniter

Dalam tahun ini dan seterusnya mungkin saya akan berhadapan dengan framework codeigniter, dikarenakan tuntutan pekerjaan …

Leave a Reply