Home / Linux & Jaringan / Konsep dan Panduan Instalasi MikroTik

Konsep dan Panduan Instalasi MikroTik

Pada artikel pertama mengenai MikroTik ini, TulisKode.com akan berbagi pengalaman mengenai panduan instalasi MikroTik. Namun sebelum itu, pasti sobat pembaca pada bertanya Apa itu MikroTik? dan mengapa harus mempelajari tentang ini dalam dunia Jaringan (Networking)?? Baiklah akan coba saya beri penjelasan. MikroTik merupakan sebuah sistem operasi (OS) yang dikembangkan khusus untuk keperluan Jaringan (Networking). Pada sistem operasi ini, sobat pembaca tidak akan menemukan adanya tampilan deskstop untuk bermain-main seperti layaknya sistem operasi Biasa 🙂 lhoh kok bisa?? Ya iya namanya aja OS khusus jaringan, yang ada hanya tool dan fungsi-fungsi untuk manajemen jaringan saja. Kalau sobat pernah dengar nama nya CISCO, nah MikroTik sejenis dengan nya dan juga salah satu rival/pesaing CISCO:). Terus kenapa tidak mempelajari CISCO saja yang sepertinya lebih punya nama dan lebih powerfull, Hehe..?? Pernyataan ini tidak salah, namun tidak juga sepenuhnya benar. MikroTik juga tidak kalah powerfull dibandingkan CISCO, yang terpenting kita kudu expert mengkofigurasinya. Alasan lain mengapa kita pelajari MikroTik karena lebih sederhana (simple) dengan pasar pengguna yang sangat banyak. Sobat tau tentang PHP bukan, Sebuah bahasa pemograman berbasis web yang paling popoler saat ini, nah MikroTik juga tidak jauh dari itu. 🙂

Sobat pasti ingin bukti lebih lanjut dari pernyataan saya bahwa MikroTik lagi booming-booming nya saat ini. Baiklah, saya kan kasih bukti real. Sobat pasti pernah dan sering menggunakan layanan wifi bukan. Baik itu di kampus/sekolah, bandara, hotel maupun tempat yang paling populer saat ini Cafe/Warung Kopi kalau di aceh dan tempat-tempat lainnya. Nah saat melakukan koneksi ke layanan wifi di tempat-tempat tersebut, umumnya sistem autentikasi menggunakan Login Hotspot (captive portal) yaitu sebuah layanan yang aka merforward/meredirect/memaksa user masuk ke suatu halaman login sebelum dapat menggunakan layanan/koneksi internet.  Sobat pembaca pasti sudah paham maksud saya bukan? Ya, fitur login hotspot merupakan salah satu fitur terpopuler di MikroTik dari puluhan fitur lainnya. Menarik Bukan?? Mau dapat penjelasan lebih mendalam lagi tentang Hotspot MikroTik? Ok, saya lanjutkan. Sobat pembaca yang pernah menggunakan layanan wifi id dari telkom? Saya rasa kebanyakan kita pernah menggunakannya atau yang paling dekat lagi pernah kan gunakan paket internet dari karu Telkomsel, XL, Three dsb?? Ok, saya mau katakan bahwa dengan MikroTik kita dapat membuat paket internet seperti telkomsel, xl, dst. Bahkan kita dapat membuat dalam bentuk voucher baik berdasarkan timebase maupun volume base. Menarik Bukan??Itu baru 1 fitur MikroTik yang kita bahas, belum lagi dengan puluhan fitur keren lainnya. So..mempelajari MikroTik bagi sobat yang ingin belajar jaringan saya rasa dapat menjadi salah satu pilihan utama :).

Jika sobat memang tertarik mempelajari MikroTik, mari kita mulai….langkah awal yang harus dilakukan adalah instalasi Sistem Operasi MikroTik. Simak tahapan instalasi berikut ini.

Tahapan Instalasi MikroTik

Tahapan Instalasi MikroTik ini sangat sederhana, hanya dengan beberapa klik saja selesai. Pertama yang harus disiapkan adalah

  • Siapakan 1 Unit komputer dengan spesifikasi yang standar (tidak perlu terlalu tinggi) karena file instalasi OS MikroTik ini sangat kecil hanya puluhan MB. Saya rasa semua komputer generasi 5 tahun kebelakang dapat menjalankan OS ini dengan baik.
  • Download paket isntalasi MikroTik terbaru pada link ini. Setelah itu Burn kedalam CD agar dapat kita booting saat instalasi.
  • Masukkan CD yang yang telah berisi MikroTik pada tahapan 2 tadi ke komputer, kemudian hidupkan kompternya. Saat masuk ke tampilan BIOS tekan F12 di keyboard, kemudian pilih boot ke CD/DVD. Tunggu beberapa saat, jika berhasil maka akan muncul tampilan instalasi MikroTik seperti ditunjukkan pada gambar berikut.

Pilih paket - tahapan isntalasi mikrotikGambar diatas menunjukan proses awal instalasi yang berisi paket-paket MikroTik RouterOS.

  • Tekan tombol space pada keyboard untuk memilih paket-paket yang akan diinstalasi. Untuk memulai instalasi tekan tombol ( i ) pada keyboard.
  • Selanjutnya akan tampil pesan konfigurasi untuk memulai instalasi, tekan tombol ( y ) pada keyboard untuk memulai proses instalasi. Pada saat proses instalasi berlangsung MikroTik OS akan menformat secara otomatis partisi hardisk sehingga tidak ada fasilitas manual untuk mementukan jenis partisi sebagai tempat instalasi MikroTik Seperti yang biasa kita tentukan saat proses instalasi Sistem Operasi lainnya MikroTik akan menggunakan sepenuhnya kapasitas hardisk komputer untuk melakukan instalasi sistem. Proses instalasi MikroTik secara lebih detail dapat di lihat dalam gambar di bawah ini.

Proses Instalasi - tahapan isntalasi mikrotik

Pada gambar diatas juga terlihat bahwa proses instalasi telah selesai dilakukan.

  • Selanjutnya tekan tombol (Enter) di keyboard untuk mengakhiri proses instalasi dan menjalankan sistem. Setelah itu komputer akan melakukan reboot dan secara otomatis akan menjalankan booting sistem MikroTik yang telah di-install pada tahapan diatas. Tampilan awal MikroTik RouterOS setelah dijalankan dapat di lihat pada gambar di bawah ini.

Proses Instalasi - tampilan awal mikrotikSampai pada tahapan ini, sobat telah berhasil melakukan instalasi OS MikroTik, Penasaran bagaimana kelanjutannya sampai sobat dapat membuat sistem hotspot dan voucher di MikroTik. Tunggu artikel lanjutan MikroTik dari TulisKode.com. 🙂

About Admin

Check Also

Topologi Jaringan

Konsep Jaringan dengan metode gateway

Sobat Tuliskode peminat jaringan komputer, hari ini saya mencoba mengulas tentang konsep jaringan komputer dengan …

Leave a Reply