Home / Linux & Jaringan / Konsep Jaringan dengan metode gateway

Konsep Jaringan dengan metode gateway

Topologi Jaringan
Sobat Tuliskode peminat jaringan komputer, hari ini saya mencoba mengulas tentang konsep jaringan komputer dengan metode gateway walaupun tulisan ini pernah saya publish sebelumnya di blog pribadi saya tapi tidak masalah saya angkat lagi untuk pengetahuan kita semua.

Diatas merupakan gambar sebuah topologi jaringan sederhana yang beberapa router  menggunakan metode gateway (router 1 dan router 2) dalam pengelolaan jaringannya, kemudian setiap router terhubung ke satu router dengan fungsi NAT. Metode seperti ini sudah banyak diterapkan dan diimplementasikan dalam beberapa kondisi.

Dengan metode ini sebuah IP (Internet Protocol) yang akan dilewatkan dalam router gateway  diharapkan tidak ada lagi proses tarnslaslasi alamat, sedangkan masalah routing client untuk public koneksi sepenuhnya di handle oleh router induk yang difungsikan NAT, didalam router induk akan dibuat tabel routing dalam bentuk static sebagai pengarahan route untuk masing-masing lalu lintas data.

Beberapa keuntungan dari penarapan metode ini adalah mudah memonitoring aktivitas dari setiap client walau berbeda kelas IP dan dengan kondisi jaringan yang berbeda, hanya satu router yang bertindak sebagai NAT sehingga memperkecil hop (loncatan) pada jaringan, setiap gateway bisa membuka range IP yang maksimal bagi user karena setiap gateway memiliki kelas IP masing-masing.

Pada gambar diatas bisa dilihat lebih detail kondisi jaringan serta pemberian IP untuk masing-masing perangkat router maupun client, untuk implementasi lebih lanjut bisa dikembangkan lebih jauh lagi tanpa harus terpaku penuh pada gambar, pada gambar hanya menjelaskan sebagian kecil saja yang mudah-mudahan bisa menjadi acuan.

About Zahrul Maizi

Check Also

hasil monitoring traffic bandwith mikrotik dengan php - TulisKode

Monitoring Traffic Bandwidth MikroTik dengan PHP

Sobat TulisKode, pada artikel ini saya akan sharing mengenai bagaimana melakukan monitoring bandwith MikroTik dengan …

Leave a Reply