Home / Pemrograman / PHP / Mengenal Framework CodeIgniter

Mengenal Framework CodeIgniter

Tahukah kalian apa itu framework Codeigniter…?

Codeigniter yaitu aplikasi atau open source berupa framework dengan metode atau caranya sendiri yang meliputi bentuk MVC (Model, View, dan Controller). Codeigniter ini pertama kali dikenalkan oleh Rick Ellis pada tanggal 28 Februari 2006. Salah satu kelebihan dari framework codeigniter ini sangat mudahnya dalam membangun aplikasi yang ingin kita ciptakan, dikarenakan sudah ada berbagai fitur-fitur yang dapat di implementasikan (dapat dibaca pada user_guide).

Bagaimana cara menjalankan Framework Codeigniter…?

Okelah kita sudah dalam tahap intinya, tadi saya hanya menjelaskan sedikit sejarah dari codeigniter untuk pengenalan saja. Jika ingin mencari informasi lebih lanjut bisa search di google langsung.

Pertama
sebelum menjalankan framework codeigniter ini anda harus menyediakan server local terlebih dahulu untuk dapat kita jalankan di komputer sendiri tanpa internet. Saya disini menggunakan server local XAMPP versi 1.8.3, dapat anda download disini.
setelah anda download dan install sendiri di komputer maka anda sudah dapat melangkah ke tahap kedua (disini saya tidak menjelaskan tata cara instal XAMPP secara rinci dikarenakan itu buka pokok pembahasan kita, terima kasih).

Kedua
download terlebih dahulu frameworknya disini, setelah didownload ekstraks file tersebut di htdocs milik XAMPP,

D:\xampp\htdocs

Ubah nama folder dari nama sesuai selera anda yang nantinya akan digunakan pada browser kita dengan link

http://localhost/codeigniter


Ketiga

buka link http://localhost/codeigniter di browser anda, maka tampilan akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

halaman_codeigniter
Finish, begitulah tampilan dari codeigniter sebelum di otak-atik oleh programmer. Setelah ini kita akan membahas bagaimana penggunaan PHP Native kedalam framework Codeigniter.
Terima Kasih.

About Mirza

Check Also

codeigniter

PHP Native dan Codeigniter

Dalam tahun ini dan seterusnya mungkin saya akan berhadapan dengan framework codeigniter, dikarenakan tuntutan pekerjaan …

Leave a Reply