Home / Pemrograman / Mengenal Konsep Application Programming Interface (API)

Mengenal Konsep Application Programming Interface (API)

Mengenal Konsep Application Programming Interface (API) - TulisKode
Konsep Application Programming Interface (API) – TulisKode

Salam sobat TulisKode.

Seperti yang saya janjikan pada artikel sebelumnya mengenai cara menghubungkan PHP dengan MikroTik, pada artikel kali ini saya akan coba berbagi pemahaman mengenai Application Programming Interface atau yang sering disingkat dengan API. API merupakan sekumpulan sintak yang berisi perintah atau fungsi yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan sistem operasi tertentu atau program pengendalian lainnnya misalnya sistem manajemen database (DBMS).

Sebuah API dapat diimplementasikan dengan menulis sintaks dalam program yang menyediakan sarana untuk meminta layanan program tersebut. Sebagai contoh, facebook menyediakan API sehingga para pengembang website dapat mengintegrasikan komentar di websitenya langsung melalui komentar akun facebook si pengunjung, atau yang lebih spesifik lagi API facebook juga dapat digunakan untuk membuat fungsi auto post artikel ke facebook saat artikel di website ditambahkan. Semua ini dapat dilakukan karena facebook menyediakan program API untuk dapat mengakses sebagian atau beberapa fungsi dari program facebook. Begitu juga untuk API dari layanan lainnya seperti JNE, POS dst.

 

Lahirnya konsep API telah membawa banyak perubahan pada proses kemudahan dalam mengintegrasikan berbagai layanan aplikasi, namun perlu dicatat bahwa konsep API adalah antarmuka software-to-software, bukan merupakan sebuah user interface. API memungkinkan sebuah aplikasi berbicara satu sama lain tanpa sepengetahuan pengguna.

Demikian sedikit pemahaman mengenai konsep API yang dapat saya bagikan, moga ada manfaatnya. Salam TulisKode.

About Admin

Check Also

harga-mesin-kasir-paling-murah

Aplikasi Kasir dengan Menu Pilihan, Python 3.5

Hai Sobat Tulis Kode, kali ini saya akan menulis lagi tentang lanjutan program kasir yang …

Leave a Reply